Ayo Saksikan Ragam Budaya Betawi di Gedung Parlemen

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menggelar Gebyar Budaya Betawi bertajuk "Sisi Lain Jakarta" di Lobby Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat. 

Kegiatan yang berlangsung pada 10 dan 11 Oktober 2019 ini menjadi bagian penghormatan dari tuan rumah DKI Jakarta untuk menyambut para anggota dewan yang terdiri dari seluruh elemen, baik DPR/DPD/MPR RI yang baru saja dilantik. Kegiatan ini terbuka untuk umum dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti mengatakan, kehadiran anggota DPD RI dalam acara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap program pemerintah, khususnya Pemprov DKI Jakarta terkait pelestarian budaya Betawi. 

"Kita patut memberikan apresasi dan dukungan yang baik terhadap kegiatan ini," ujarnya, usia membuka pelaksanaan Gebyar Budaya Betawi, Kamis (10/10) 

La Nyalla menjelaskan, DPD RI mendorong regulasi dan kebijakan dalam pemanfaatan potensi daerah. Selain itu, DPD RI akan menjalin kerja sama kemitraan dengan daerah dalam rangka pelestarian nilai-nilai budaya daerah. 

"DPD RI akan memperjuangkan untuk mendorong afirmasi dan intervensi kebijakan yang mendukung pelestarian nilai-nilai budaya yang sehat dan dinamis serta mendukung kearifan lokal," ungkapnya. 

Sementara itu, Senator DPD RI asal DKI Jakarta, Sylviana Murni menuturkan, dirinya berkomitmen melakukan penguatan kebangsaan dan mewujudkan tujuan nasional serta memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang basisnya adalah penguatan dari daerah itu sendiri dengan kearifan lokalnya. 

"Kalau kita mampu melestarikan kearifan lokal kita seperti di Jakarta adalah Betawi, artinya ini penguatan pilar-pilar di bawah, sehingga NKRI utuh dan fondasinya betul-betul kuat," terangnya. 

Gedung parlemen yang umumnya diisi dengan ruang diplomasi dan hal-hal strategis oleh para anggota dewan yang baru saja dilantik, pada pekan ini akan berubah wajah dengan sentuhan kebudayaan. 

Ia bertekad, selama lima tahun bertugas menjadi wakil dari warga DKI Jakarta di DPD RI untuk terus mendukung pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. 

"Bukan saja di Gedung Parlemen atau rumah kebangsaan ini, tapi juga du 267 kelurahan dan 44 kecamatan di Jakarta," tandasnya. 

Untuk diketahui, Ragam Budaya Betawi diisi dengan berbagai kegiatan seperti, workshop fotography, pameran foto, lomba foto, pagelaran tari Betawi, demo membatik, demo menyulam, demo membuat boneka, fashion show, pertunjukan tari kolosal anak, gebyar budaya Betawi, dan parade busana 34 provinsi.(p/ab)